Senin, 12 Oktober 2015

CARA MEMBUAT EFEK HUJAN
PADA ADOBE FLASH CS3

Kali ini kita akan membuat efek hujan pada Adobe Flash Cs3. Beginilah Langkah-lagkah nya:

1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi berkode #000033
3. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
//membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh
_root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1);
//mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5
width = Stage.width*2.5;
with (jatuh) {
 //membuat garis
 lineStyle(1, 0xFFFFFF, 100);
 lineTo(2, 10);
}
//membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
for (i=0; i<50; i++) {
 //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+i
 duplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i);
 //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage
 _root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width);
 //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage
 _root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height);
 //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10
 _root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10;
 //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20
 _root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20;
}
onEnterFrame = function () {
 //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
 for (i=0; i<50; i++) {
  //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan
  _root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan;
  //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4
  _root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4;
  //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stage
  if (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) {
   //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
   _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
   //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
   _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
  }
  //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stage
  if (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) {
   //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
   _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
   //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
   _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
  }
 }
};
4. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar